Sabtu, 08 Mei 2010

old boy

entah knapa hari2 inni saia diberikan kemurahan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk mengambil hikmah lewat pelem yang saia tuntun ... jika byasanya saia hanya menemukan pelem yaoi yang ceritanya dangkal, mengandalkan idola plus geje.. en slalu tak skip2 byar cepet sampe pada kiss scene ato malah kalo mujur bedsin.. *tampol diri sendiri ala toshi di depan cermin* kali inni entah knapa saia isa dipertemukan dengan pelem inni . sebenernya inni adalah pelem yang suda saia tuntun berkali2 sampe CDx aus dan kmaren malam diputer di metro tipi. entah knapa dua minggu inni metro konsisten memutar pelem2 korea yang berkualitas.



Pelem yang saia maksud tentulah Old boy
pelem keluaran tahun 2003 yang memenangkan grand prix di festival film channes dan telah diakui seluruh dunia, sebage film yang menggigit. but musti saia ingatkan bahwa pelem inni bukanlah pelem yang ditujukan bagi anda2 sekalian yang jatuh cinta pada hallyu karena kisah cinta yang menguras air mata di endless love/stairway to heaven ato malah terpingkal2 menertawakan kekocakan hubungan antara han ji en dan lee yong jae dalam full house. ini adalah tipikal pelem kekerasan yang akan meninggalkan perasaan aneh dan tidak enak dalam dada. perasaan yang sesak di dada pas pelem mencapai ending ketika tahu apa alasan di balik pemenjaraan selama bertahun2 yang dialami oleh oh daesu yang dimainkan dengan sangat apik oleh choi min sik.

film menceritakan tentang seseorang bernama Daesu yang kasar dan tidak bertanggungjawab serta sering mabuk. daesu yang melarikan diri dari kantor polisi malah tertangkap oleh penculik yang memenjarakannya di sebuah kamar sempit yang mirip love hotel jorok dimana toshi direppu oleh dua bang napi *hiks hiks masi sedih liyat toshi yang kesakitan*. stop weeping for toshi... selayaknya love hotel.. tuh motel dilengkapi dengan tipi dan kamar mandi. terkurung di dalamnya daesu mengetahui kalau istriya telah tewas dan dia adalah si tertuduh utama dalam kasus pembunuhan tsb. setelah 15 tahun akhirnya daesu dibebaskan, diya diberi waktu 5 hari untuk menemukan syapa yang telah melakukan hal kejam tsb padanya sekaligus membals dendam. tanpa tahu bahwa justru diya sendiri yang akan menjadi korban dalam misi balas dendamnya.

seperti layaknya pelem2 korea.. nni pelem membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan "harta yang tersembunyi"di dalamnya.bagi orang2 yang tidak sabar ketika menonton dvdnya pasti akan skip2.. pliss jangan dilakukan cos dengan skip2 kita akan kehilangan keasyikannya. karna banyak petunjuk yang mengacu pada keutuhan cerita. aktor utama choi minsik sangat total memerankan karakter daesu yang serampangan, aga gila karena kebanyakan berhalusinasi di kamar. bayangkan bagaimana diya musti menahan hasrat api di bawah perutnya ketika pertama keluar kamar setelah terkurung 15 tahun . hal tersebut digambarkan dengan akting yang sangat jempolan pada adegan di lift bersama seorang wanita.. teriakannya tuh sangat menyayat hati... jadi kek jeritan humbert humbert yang melihat lolita terbujur di pasir pantai dengan bikininya tapi tak bisa melakukan apa2. daesu yang membayangkan semut merayap di bawah kulitnya, daesu yang memakan gurita hidup tanpa diikat lagi.. tentu ja diya pengsan karna sengatan tentakel. blom lagi banyak sekali adegan creepy yang pastinya akan mengaduk2 perut. inni pelem dengan fighting scenes yang menurut saia paling bagus. isa disejajarkan dengan adegan perkelahian jackiechan di drunken master

liyat adegan perkelahian dengan palu yang legendaris disinni

saia ja tetep menutup mata ketika daesu mencabut gigi bapaknya kimbum di dream dengan ujung palu, ketika daesu memotong sendiri lidahnya agar si villain yang entah kenapa kok sangat familiar plus tampan tidak mengatakan kebenarannya pada mido. twist terbesar dalam film ini ada dalam kotak ungu yang dibuka oleh daesu.. kotak yang membuatnya rela menjadi anjing.. menjilat2 sepatu si villain bahkan memotong lidah sendiri. saia tidak akan mengatakan apa yang ada dalam kotak.. biyarlah itu tersimpan so yang blom nuntun dapat efek dari pelem inni.

pertama nuntun pelem inni sekitar tahun 2004, tahun2 dimana saia sangat dekat dengan dunia kekerasan... hati saia bertanya.. knapa siyy bapa sutradara tuh musti menggambarkan penderitaan oh daesu sedemikian rupa?... luka fisik dan luka batin yang tidak akan isa ditanggung oleh siyapapun. kekejaman tersebut menjadi bisa dimaklumi ketika kita mencapai klimaks. kesalahan masa lampau... kesalahan enteng yang membawa akibat besar berujung pada penyiksaan yang terencana di masa depan. di masa lalu daesu pernah memergoki teman ce smanya bercinta dengan adiknya yakni si villain di ruang kelas. daese hanya menceritakan hal tersebut kepada sahabatnya.. tapi dasar sahabat itu ember tersebarlah cerita tsb ke seluruh sekolah plus bumbu2 yang mengatakan kalo si cewek adalah wanita murahan dan sekarang hamil. karna stress akhirnya wanita itu bunuh diri.. *sighs*
dalam film inni dikatakan baik pasir maupun batu keduanya sama2 tenggelam dalam air. jika diibaratkan... kesalahan yang dilakukan oleh daesu di masa lalu sekecil pasir yang akan tenggelam perlahan2 menunggu waktu yang tepat untuk mendapatkan pelajaran yang setimpal.

pelajaran utama dalam film inni adalah watch your mouth, your eyes.. yang terpenting adalah mind your own shit. kebetulan itu adalah motto saia ..XD dunia menjadi kacau ketika orang mulai mencari tahu urusan orang lain dan kemudian menceritakannya pada orang lain. cerita ke satu orang akan membuat berita yang fubar belom tentu tersebut menjadi rahasia umum. kita selayaknya harus bisa menjaga rahasia orang lain. tidak selayaknya menceritakan aib orang lain apalagi membuatnya menjadi komersial seperti sekarang ini. dunia industri infotainmen dibangun dengan pondasi tersebut. didukung dengan faktor psikologis orang2 indonesia yang suka mencampuri urusan orang lain dan sok teu. plus lagi begitu mudahnya mereka terjebak akan euforia massa. jadi ingat tadi menonton infotainmen.. ttg titi DJ yang dengan santainya menceritakan kepada wartawan bahwa KD menghilang abis memberikan pernyataan cere dengan anang ternyata pergi ke singapur untuk memanjangkan rambutnya di salah satu salon mahal. nah lho.. kek mana cuba kalo KD jadi rugi gara2 pernyataan titi?.. orang pasti bilang dasar ganjen orang abis dicere malah nyalon ke singapur bukannya intropeksi diri blha blah blah.. mulut orang indo gaga isa dihentikan geh kalo suda menggosip. semakin turun kan imej KD di mata masyarakat? sementara aktis juga butuh imej untuk membangun karirnya to?
seorang daesuk mengalami hal tersebut hanya gara hal sepele. menonton pelem inni sejak pertama kali telah membuat saia belajar untuk lebih baik diyam jika tidak bisa mengandalikan mulut. karna berpikir sebelum berbicara juga tidak mudah. kadang dunia tidak bisa diandalkan .. seperti yang dikatakan oh daesu..

"tertawalah maka dunia akan tertawa bersamamu dan merataplah maka kao akan meratap sendiri"
bagus kalo cuman meratap sendiri.. kek mana kalo ditertawai dunia?

Pelem inni adalah tonggak yang paling penting akan kebangkitan dunia pefeleman korea, jika hongkong dengan IAnya.. maka korea punya trilogi vengeance. om quentin ja suka .sangat worthy untuk ditonton jika ingin sesuatu yang bermakna.. bukan sekedar effect belaka. tapi sekali lagi saia ingatkan inni adalah tipe pelem yang harus ditonton dengan sepenuh hati. tonton juga trilogi vengeance yang lain yakni sympathy for mr. vengeance dan sympathy for lady vengeance.

edit... nni diya villain nan tampan.. jyah pantes pamiliar ternyata pernah maen ma choi ji woo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar